PUSLATAN BPPSDMP Cetak Pengusaha Pertanian Milenial Berorientasi Ekspor melalui P4S

By Admin


nusakini.com - Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) BPPSDMP akan cetak calon pengusaha pertanian milenial yang berorientasi ekspor melalui Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan dan Swadaya (P4S), sekaligus mendukung kostra tani. "ujar Bustanul Arifin" Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, dalam arahannya pada kegiatan pengembangan sdm pertanian generasi muda milenial.

Kegiatan merancang dan menyusun model atau mekanisme pelatihan maupun permagangan bagi generasi muda milenial menjadi pengusaha pertanian milenial merupakan dukungan puslatan terhadap program BPPSDMP mencetak pengusaha pertanian milenial yang berorientasi ekspor.

Hadir dalam kegiatan ini, para pemilik P4S milenial seperti P4S Champ Garut (Khudori), P4S Eptilu Garut (Rizal), P4S Mitra Tani Parayangan Cianjur (Sandi), P4S Yoganik Probolinggo (Yogi), P4S Madiun (Khoiri), widyaiswara, dan pejabat struktural UPT Pusat Pelatihan Pertanian untuk bersinergi merumuskan strategi pelaksanaan pelatihan pengusaha pertanian milenial. Pelatihan dan permagangan yang diinginkan memiliki sasaran alumni perguruan tinggi, alumni sekolah menengah atas, alumni magang jepang, alumni Agri Training Camp (ATC), santri tani milenial dan masyarakat umum yang berminat mengembangkan pertanian. Kegiatan pelatihan dan permagangan dilaksanakan di P4S, sehingga para calon pengusaha pertanian milenial bisa melihat dan praktek langsung di lokasi pelatihan (P4S). Disamping itu juga dikembangkan metode pelatihan e-learning.  

Kepala Pusat Pelatihan Bustanul Arifin Caya menekankan bahwa untuk mencetak generasi muda pertanian harus dilaksanakan dengan melakukan peningkatan kompetensi melalui permagangan atau pelatihan di P4S yang sukses agar peserta dapat melihat langsung di lapangan, sedangkan bagi pengelola P4S akan bisa menularkan atau berbagi ilmunya, karena P4S menjadi role model bagi pelaku utama, pelaku usaha dan masyarakat lainnya. (oce/romi)